Tips perbaiki harddisk error

TIPS PERBAIKI HARDISK ERROR

Kumpulan software gratis
Ada beberapa penyebab terjadinya eror pada harddisk yang sehingganya dapat menyebabkan computer sering hang, computer ngerestart sendiri, serta terjadinya tampilan bluescreen.. Apabila anda mengelamai masalah seperti itu sudah bisa ditebak bahwa harddisk pada computer anda sedang mengalami error. Diantara factor penyebabnya adalah :
  1. Komputer dimatikan tanpa dengan perintah shutdown
  2. Matinya listrik secara tiba-tiba
  3. Terjadinya lonjakan tegangan listrik
  4. Faktor usia (lifetime) dari hardisk itu sendiri juga dapat mempengaruhi performa hardisk anda. Jadi apabila harddisk anda usianya sudah lanjut dan sering terjadi eror, mak sebaiknya gantilah harddisk anda dengan yang baru.
Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara memperbaiki/merpair harddisk dengan menggunakan Perintah CHKDSK (Checkdisk)
Dengan menggunakan checkdisk ini kita dapat memperbaiki kerusakan pada harddisk seperti bad sector, cross-link files, lost clusters, serta directory error. Checkdisk merupakan tools atau alat perawatan yang asli bawaan windows. Ada dua cara di dalam menjalan perintah checkdisk yaitu menggunakan perintah command prompt dan melalui My computer/explorer computer. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.Melakukan CHKDSK melalui Command Prompt.
   1. Bukalah Command Prompt dengan cara klik menu start > all program >
       Accercories >  Command Prompt
   2. Ketikkan CHKDSK C:
 Perintah tersebut akan menjalankan CHKDSK pada Drive C dalam mode read-only.
   3. Ketikkan perintah: CHKDSK D:/F
       Perintah tersebut untuk merepair error tanpa melakukan scanning bad sector.
   4. Ketikkan perintah: CHKDSK D:/R
       Perintah tersebut untuk merepair error, menemukan bad sector dan merecover data.

2.  Menjalankan perintah CHKDSK pada My Computer/ Window Explorer.
  1. Buka My Computer / Windows Explorer dengan menekann tombol windows + E
  2. Klik kanan hardisk yang hendak dicek, klik Properties.
  3. Klik tab Tools lalu klik Check Now.
  4. Pada Jendela Check Disk option. Beri centang pada Automatically fix file system errors dan scan for and attempt recovery of bad sectors kemudian klik tombol start. Maka perintah checkdisk akan dijalankan.
Apabila anda hanya akan menjalankan Chkdsk pada mode read-only, langsung klik start. . apabila anda hanya akan melakukan repair error tanpa menscan bad sector m ka pilih Automatically fix file system errors check box, kemudian klik Start.
apabila anda akan  merepair error, menemukan bad sector dan me-recover data pilih Scan for and attempt recovery of bad sectors, kemudian klik Start.
Apabila muncul pesan : Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process.  Chkdsk may run if this volume is dismounted first. ALL OPENED HANDLES TO THIS VOLUME WOULD THEN BE INVALID. Would you like to force a dismount on this volume? (Y/N) ketik Y dan Enter.
Apabila muncul pesan:  Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process. Would you like to schedule this volume to be checked the next time the system restarts? (Y/N) Ketik Y, dan ENTER lalu restart komputer untuk menjalankan Scandisk.
Semoga bermanfaat !

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tips perbaiki harddisk error"

  1. cara mereset paswod bios

    ReplyDelete
  2. saya punya harddisk eksternal cuma terbaca di safly remove hardware, tapi de explorer tidak terbaca. mohon bantuannya. trima kasih

    ReplyDelete

silahkan berkomentar disini, dan baca dulu artikelnya biar komentarnya nyambung dengan topiknya.
thanks....