Cara mematikan dan menyalakan komputer dengan cepat


-->
Hal yang lumrah dilakukan oleh kita ketika akan mematikan computer adalah melalui Shutdown atau Turn Off yang kita buka dari menu Start - Turn Off Computer.  Namun saya akan memberikan tips untuk anda agar anda bisa mematikan dan menyalakan computer anda lebih cepat dari proses biasanya , yakni dengan menggunakan fasilitas hibernate. didalam Windows XP sudah terdapat sebuah fasilitas Hibernate dan Kita tinggal mengaktifkannya saja.
Pada saat kita bekerja dengan computer maka data yang sedang diproses itu disimpan sementara pada memori sebelum kita menyimpannya ke dalam harddisk. Hibernate adalah fasilitas dimana ketika komputer dimatikan maka data yang ada di memori dipindahkan ke hardisk. Jika suatu saat komputer dinyalakan kembali maka data yang ada dihardisk 'dikembalikan' lagi ke memori. Dan Efeknya adalah proses menyalakan (booting) dan mematikan (shutting down) komputer berlangsung dengan cepat dikarenakan komputer tidak mengambil data dari hardisk, melainkan dari memori.
Selain itu Hibernate juga akan menampilkan program terakhir yang sedang dijalankan ketika komputer dimatikan. Sebagai contoh, ketika kita hendak mematikan komputer melalui Hibernate, saat itu ada program yang sedang kita jalankan misalnya Winamp. Nah ketika komputer dinyalakan kembali, maka program Winamp tersebut masih terbuka. Ini akan bermanfaat sekali ketika kita melakukan pengerjaan file dan tidak sempat untuk menyelesaikannya, jadi ketika computer dinyalakan kembali kita tidak usah repot-repot untuk membukanya kembali. Okey… langsung saja, berikut adalah langkah untuk mengaktifkan fasilitas Hibernate :
  1. Klik kanan di desktop lalu pilih Properties
  2. Klik tab Screen Saver kemudian klik tombol Power…
  3. Klik tab Hibernate. Beri tanda centang pada pilihan Enable hibernation. Jika sudah, klik OK
Kemudian Jika kita hendak mematikan komputer, klik Start - Turn Off Computer. Setelah kotak muncul, tekan tombol Shift. Perhatikan gambar dengan tulisan Stand by akan berubah menjadi Hibernate. Klik tombol hibernate tersebut maka komputer pun akan mati lebih cepat. Saat kita menyalakan komputer kembali, proses booting pun akan berjalan lebih cepat dari biasanya.
Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mematikan dan menyalakan komputer dengan cepat"

Post a Comment

silahkan berkomentar disini, dan baca dulu artikelnya biar komentarnya nyambung dengan topiknya.
thanks....